Thanks for visiting my blog ^_^

Selasa, 21 Januari 2014

Meskipun yang saya share disini bukanlah informasi terbaru, setidaknya saya bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman mengenai SNMPTN dan SBMPTN.

 

Yaa, jadi gini nih, oleh karena satu dua alasan yang masuk akal, kita akhirnya mutusin buat bikin posting ini di website KMPP-UGM kita ini. Sebenernya kita cuma punya dua alasan sih. Alasan yang pertama dan yang paling masuk akal adalah karena hari ini adalah tanggal 12 Mei 2013, yey dan itu artinya besok pagi adalah hari pertama dibukanya pendaftaran SBMPTN 2013. Seneng dong pastinya. Apalagi yang nggak terkualifikasi lewat jalur SNMPTN undangan. Jangan sedih ya, kita akan bantu kamu melewati masa-masa sulit ini bersama. Kemudian apa alasan kedua? Jadi meskipun pada awalnya kita bikin website ini cuma buat calon-calon mahasiswa baru UGM, akhirnya kita berubah pikiran karena yang dateng kesini juga dari kalangan umum. Nah sedihnya adalah, karena mereka sangat umum, banyak banget pengunjung website ini yang sering menanyakan jalur masuk atau ini atau itu padahal kita udah kasih informasi yangcukup membantu. Bahkan ada banyak juga yang sampe sampe kelewatan waktu pendaftarannya (SNMPTN kemarin) cuma gara-gara ketinggalan informasi. Nah kita disini diutus sebagai maha penolong bagi kalian dengan nasib serupa agar memperbaiki apa yang sudah lewat dengan bangkit dan sukses di jalur alternatif SBMPTN 2013. Yey, meskipun alasan kedua agak absurd, gak usah protes lah ya. Jadi begitu, dan ini juga akan jadi malam yang panjang bagi admin untuk mengumpulkan informasi, demi memberikan pencerahan buat kalian semua. Jadi selamat membaca dan selamat memenuhi kolom komentar dengan beraneka rupa pertanyaan unik nan menggelitik.

Buat kalian yang mau ikut tes ini, untuk masuk UGM, atau untuk masuk PTN lain, atau mungkin cuma iseng aja, yuk simak bersama apa yang mungkin kalian perlu tahu.

Apa Sih SBMPTN 2013 Itu Kak?

Ini pertanyaan pertama sekaligus yang paling menggelitik ya, jadi begini SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ini merupakan salah satu seleksi nasional atau terpusat yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, pada hari dan jam yang sama, tepatnya di sejumlah perguruan tinggi negeri yang telah bersedia ditunjuk menjadi Panlok atau Panitia Lokasi untuk melaksanakan ujian bersama ini.


Kalo Mau Ikut, Apa Aja Syaratnya Kak? 

Ini pertanyaan menggelitik nomor dua, karena kita baik hati, mari kita jawab bersama. Syarat yang pertama adalah LULUS dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau sederajat pada tiga tahun terakhir, yakni tahun 2011, 2012, dan 2013. Untuk lulusan tahun 2011 dan 2012 harus memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau sederajat. Sedangkan untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru pribadi yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah asal.

Syarat yang kedua adalah, ya kamu harus sehat aja sih. Masa iya kamu mau ikut tes pas lagi pilek, flu, dan bersin-bersin? Atau batuk berdahak? (atau tidak berdahak?) Penyakit apapun deh ya, kalo bisa jangan sampe. Oke ngerti kan ya? Baik, kita lanjut ke pertanyaan menggelitik nomor tiga.


Kalo Tesnya, Ada Apa Aja Ya Kak?

Jenis ujian ada dua, ujian tertulis dan ujian keterampilan.
 Untuk ujian tertulis, mata ujian yang diujikan adalah ::

1. Tes Potensi Akademik (TPA), ini tes yang pasti dapet ya, mau kalian daftar jurusan apapun di PTN manapun, kalo lewat SBMPTN ujian tertulis, kalian akan dapat mata ujian ini di lembar soal. Soalnya kayak gimana kak? Ini lebih kayak tes IQ atau psikotes gitu kalo mungkin kalian udah pernah ngalamin. Misalnyatentang tes kemampuan spasial dan semacamnya gitu, udah santai aja. :)

2. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU), ini juga tes yang pasti dapet kalo kalian ikut ujian ini. Soalnya terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Ini soalnya ya gitu-gitu aja, kayak pelajaran di sekolah dulu, gak usah dipikirin. :)

3. Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), ini tes yang dikasih buat temen-temen yang mendaftar bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan campuran (IPC) bagi yang lintas jurusan. Terdiri atas Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

4. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum), kalo yang ini adalah tes yang dikasih buat temen-temen yang mendaftar bidang ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan ilmu pengetahuan campuran (IPC) bagi yang lintas jurusan. Soal-soal yang diujikan disini terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Lalu untuk ujian keterampilan

Ujian ini diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih.


Kapan Kak Pendaftarannya?

Pendaftaran keikutsertaan SBMPTN 2013 dilakukan secara online dengan mengisi form yang disediakan. Formulir dapat diakses pada besok pagi yakni tanggal 13 Mei 2013 mulai pukul 08.00 WIB, dan akan ditutup pada tanggal 7 Juni 2013 pada pukul 22.00 WIB. Dan langkah yang paling awal dilakukan adalah melunasi biaya pendaftaran, kemudian baru setelahnya kamu dapet KAP dan PIN untuk login dan mengisi formulir pendaftaran.


Kalo Pelaksanaan Tesnya, Kapan Ya Kak?

Ini adalah screenshot jadwal dari website resminya. Ini jadwal dari panitia pusat dan akan berlaku serentak tanpa ada perubahan. Atau jika ada, akan ada pemberitahuan menyusul.


Untuk pelaksanaan ujian tertulis yang berlangsung antara tanggal 18-19 Juni 2013, lebih detailnya begini. Untuk tanggal 18 (hari selasa kalo tidak salah) itu ujian untuk yang Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Kemudian untuk esoknya tanggal 19 (hari rabu ya?) itu ujian untuk yang Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum). Detail jam berapanya kita belum dapet informasi, dan itu masih lama, gak usah dipikirin dulu.


Kalo Biaya Pendaftarannya Itu, Berapa Ya Kak?

Bervariasi, tergantung kamu ikut program ujian yang mana, tertulis atau keterampilan? Kalo yang tertulis juga itupun kamu ikut yang Saintek, Soshum, atau Campuran? Nah detail aturan dan nominalnya begini,

  • Untuk ujian tertulis, yang Saintek atau Soshum = Rp 175.000,00
  • Untuk ujian tertulis, yang Campuran = Rp 200.000,00
  • Untuk ujian keterampilan = Rp 150.000,00 per jenis ujian keterampilan
  • Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri. Kalo di deket rumahmu gak ada kantor cabang Bank Mandiri, kamu bisa bayar lewat Kantor Pos atau ATM Bersama. Nanti di bawah kita jelasin lagi tentang tatacara pembayaran.
  • Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Ini jelas ya, jadi jangan sampe kamu salah bayar lah intinya.

Kalo Yang Daftar Bidikmisi, Gimana Ya Kak?

Buat kalian yang ikut program Bidikmisi, sebelumnya kalian harus tau dulu tentang prosedur pendaftarannya, dan juga sekaligus udah daftar ya. Semua itu bisa diakses di situs resmi Bidikmisi.

Peserta program Bidikmisi yang tidak mendaftar SNMPTN, dan dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN 2013 tanpa harus membayar biaya pendaftaran.

Lalu untuk peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN, dan dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diperbolehkan untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya pendaftaran apabila yang bersangkutandinyatakan tidak lulus SNMPTN

Sedangkan peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN, dan masih ingin mengikuti tes SBMPTN, boleh mendaftar SBMPTN, tetapi harus membayar biaya pendaftaran.

Bagi yang tidak wajib membayar biaya pendaftaran, dapat login dan mendaftar SBMPTN 2013 dengan menggunakan KAP dan PIN yang diberikan oleh Ditjen Dikti Bidikmisi. 

Sedangkan yang harus membayar, hanya akan diberikan KAP saja, untuk selanjutnya melunasi pembayaran, kemudian memperoleh PIN dari Bank Mandiri. Nah KAP dan PIN itulah yang akan digunakan untuk mengisi formulir pendaftaran SBMPTN 2013.

Mungkin lebih mudah kalo pake flowchart kali ya, silahkan lihat gambar di bawah ini.
(klik gambar untuk memperbesar)
 


Kalo Yang Bukan Bidikmisi, Bayarnya Lewat Mana Ya Kak?

Pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi pendaftar ataupun siapapun yang bayarin, tidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri. Metode pembayarannya disediakan 5 pilihan :: 

  • Mandiri Internet (i-Banking)
  • Mandiri ATM
  • Mandiri SMS
  • Kantor Cabang Bank Mandiri 
  • Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri)

Nah milih jalur pembayarannya juga nggak asal pilih ya, panitia sudah menetapkan aturan sendiri, jadi begini sebelumnya kalian simak dulu tabel penggolongan pendaftar berikut.
(klik gambar untuk memperbesar) 



Nah aturannya adalah,

  • Bagi calon peserta kategori 1, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10000 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATMAtau menggunakan pilihan Bayar Awal untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking
  • Bagi calon peserta kategori 2 atau 3, tidak perlu membayar biaya SBMPTN 
  • Bagi calon peserta kategori 4 atau 5, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10001 untuk pembayaran yang dilakukan melaluiInternet Banking atau ATM.
    A
    tau menggunakan pilihan Tambah Bayar untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking

Kalo Udah Bayar, Terus Gimana Kak Caranya Daftar?

Kalo udah bayar, menurut flowchart yang tadi kita tunjukin, langkah selanjutnya adalah login ke halaman pendaftaran SBMPTN 2013 menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh, dan mengisi formulir sebagai tanda kamu beneran mau daftar. Nah tentang gimana cara mengisinya, ini kita kasih direct link aja ke sumber aslinya. Tutorial berupa file PDF (cetak) dan MP4 (video), yang dibuat oleh panitia pusat. Sebenernya kita juga belum lihat seperti apa, yang jelas ini valid dansemoga dapat membantu kalian. Silahkan klik pada tutorial yang mau dipelajari, lalu simpan file (terus open ya abis itu, jangan cuma disimpen aja)
 

Terus kalo udah login, gimana kak cara ngisi formulirnya?
Ini kita kasih video tutorialnya ya. Silahkan disimak. Semoga membantu.


Kelompok Ujian Saintek :
Kelompok Ujian Soshum :











Kelompok Ujian Campuran : 

Kalo Pengumuman Penerimaan, Kapan Ya Kak?

Hasil ujian SBMPTN 2013 akan diumumkan oleh panitia pusat, pada hari Jum'at tanggal 12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 WIB, dapat diakses di halaman resmi SBMPTN 2013. 


*) Sekian dulu, nanti kalo ada informasi baru lebih lanjut mengenai SBMPTN 2013, akan diumumkan disini, makanya sering-sering mampir biar gak ketinggalan.


UPDATE (17 Juni 2013) : Sukses SBMPTN 2013

Sebenernya ini update yang gak begitu penting, tentu alasannya adalah karena hari ini bertanggal 17 Juni 2013, yang itu berarti mulai besok pagi (18 Juni 2013) hingga 4 hari kedepan adalah pelaksanaan ujian SBMPTN 2013. Intinya kita dari KMPP-UGM cuma mau ngasih semangat aja sih, masa depan kalian (paling tidak beberapa tahun kedepan), akan ditentukan oleh apa yang terjadi selama 4 hari menegangkan besok. Ya semoga saja kalian selamat melewati cobaan ini, badai pasti berlalu, tenang aja. Yang mau tes, gak usah cemas, gak usah dag dig dug, apalagi cenat cenut. Berdoa aja yang banyak, persiapkan semua yang perlu dipersiapkan, percaya diri, dan harus semangat ya pastinya. Salam Super dari KMPP-UGM turut mendukung dan mendoakan dari sini. Ganbatte!

Oh iya, dan bagi kalian adek-adek peserta SBMPTN 2013 yang kebagian tempat tesnya di Universitas Gadjah Mada, ini kita ada denah lokasinya bagi yang membutuhkan. Silahkan klik di bawah ini.

Denah lokasi ujian SBMPTN 2013 - Universitas Gadjah Mada (zoom) 

UPDATE (8 Juli 2013) : Pengumuman Hasil Seleksi

Inilah update yang pastinya udah ditunggu-tunggu. Kenapa, ya karena merespon atas pernyataan dari panitia pusat  SBMPTN 2013 di halaman depan website resminya bahwa pengumuman hasil seleksi akan dimajukan dari perkiraan jadwal semula, kita mau ngasih tau beberapa poin mengenai itu. Yang pertama, seperti baru saja disebutkan bahwa pengumuman hasil seleksi akan dimajukan waktunya dari perkiraan jadwal semula, sehingga peserta seleksi dapat mengaksesnya pada hari ini (8 Juli 2013) dan baru dapat dibuka mulai pukul 17.00 WIB nanti. Tambah galau dong pastinya, dag dig dug dong pastinya, hahaha. Yang kedua adalah tempat mengaksesnya, dapat dilakukan di halaman resmi terkait pengumuman SBMPTN 2013, silahkan klik disini. Yaudah deh gitu aja, berdoa yang banyak ya, semoga hasilnya sesuai dengan apa yang amat sangat diharapkan. Amin.

Categories:


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar