Thanks for visiting my blog ^_^

Rabu, 12 Februari 2014

14 Februari h
Hari apaan tuh ? Bedanya apa dengan hari-hari biasanya ? --"

Okehh, tulisan ane yang satu bukan untuk membela apa itu hari valentine, tidak untuk mencela hari valentine, juga bukan untuk merendahkan siapa yang ngerayain. Kali ini ane mau sedikit mengintrospeksi aja buat diri ane sendiri dan temen-temen yang kebetuklan mampir dan baca neh status dan masih berbudaya merayakan hari valentine.

Jujur yak, sebenarnya ane kurang tau apa itu hari valentine, tpi rata-rata orang menganggap hari valentine adalah hari "kasih sayang". Ane juga kurang tau alasannya kenapa ada hari khusus untuk bertukar kasih dan sayang seperti hari valentine ini. Bukankah sayang itu setiap hari yak ? Trus kalo valentine disebut hari kasih sayang, selain hari itu sayangnya ga ada dong ? :P

Kebanyakan orang-orang merayakan valentine dengan bertukar coklat lah, ngasih bunga lah, dll lah..
ga masalah kalau pandangan ane untuk ngasih barang/makanan dsb ke orang lain apabila belinya menggunakan uang dari penghasilan sendiri. Tapi ane sangat miris kalo ane liat "pelajar/pengangguran yang masih gantungin orangtua" bela-belain beli ini itu, coklat, bunga dsb untuk dikasihkan ke ceweknya ? orangtuanya kerja susah payah buat ngidupin anaknya, eh si anak malah bela-belain buat pacar/pasangannya, trus buat orangtuanya kapan coba ?
daripada beliin itu buat pacar/apalah namanya, toh mending uangnya di tabung atau di sedekahkan buat kehidupan nantinya, ntah itu buka usaha, ataupun buat modal cari kerja :)
trus ada lagi nih, remaja yang merayakan valentine dengan melakukan sesuatu yang dilarang bersama pasangannya (baca : (maaf) berhubungan badan). Nahh kalo kejadiannya seperti ini terjadi pada remaja yang belum menikah , apakah valentine dinamakan hari kasih sayang ? atau hari penghancuran masa depan ?
Bagi teman-teman yang mungkin saja merasa tanggal 14 Februari adalah hari spesial, sebaiknya teman-teman perlu untuk berpikir kembali dengan tindakan dan keputusan yang akan di ambil :)

Sekali lagi, tulisan ini bukan untuk merendahkan siapapun baik yang merayakan valentine maupun tidak, juga tidak menyangkutkan golongan manapun, karena ane punya tanggapan sendiri yang pasti berbeda dengan orang-orang yang merayakan valentine. :)

Sedikit saja kalimat dari ane , kalo ada kritik dan saran atau mungkin ada juga perasaan jengkel kepada ane, monggoh di ungkapkan di bagian komentar di bawah ini . :)

ari VALENTINE ?

Senin, 03 Februari 2014

Deadline: 22 Februari 2014


PENYELENGGARA
Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UNDIKSHA (Universitas Pendidikan Ganesha)

JENIS KEGIATAN
Lomba Media Pembelajaran Matematika

PESERTA
Guru di semua jenjang pendidikan dan Alumni Perguruan Tinggi Negeri/Swasta.

TEMPAT PELAKSANAAN 
Universitas Pendidikan Ganesha

PENDAFTARAN DAN PENGUMPULAN KARYA
Pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada tanggal 10 – 22 Februari 2014.

HADIAH
Juara I            : piala tetap, piagam penghargaan, dan uang pembinaan
Juara II          : piala tetap, piagam penghargaan, dan uang pembinaan
Juara III         : piala tetap, piagam penghargaan, dan uang pembinaan
Finalis             : souvenir dan piagam penghargaan.

INFORMASI
Contact person:
  • I Gusti Ayu Puskita Dewi (083117271134)
  • Kadek Dwipayani Pratiwi (085739939255)
  • I Putu Risda Aridana Putra (085739798792)
Web            : www.pgm-undiksha.com
Facebook   : PGM UNDIKSHA 2014
 
Sumber : http://www.info-lomba.com/2014/02/lomba-media-pembelajaran-matematika.html

Deadline: 16 Maret 201\

Penyelenggara: KIR SMAN 2 Jombang
Tema Kegiatan: 
"Pass Through The Limit of Universe"
Science Comp:
  1. Peserta adalah siswa SMP/sederajat.
  2. Tiap kelompok beranggotakan 3 orang.
  3. Materi yang dilombakan:
    • Fisika
    • Matematika
    • Biologi
    • Pengetahuan Umum
  4. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 70.000,-
  5. Menyerahkan formulir pendaftaran, fotocopy kartu pelajar dan foto 3x4 (masing-masing 3 lembar).
Karya Tulis Ilmiah:
  1. Peserta adalah siswa SMP/sederajat.
  2. Peserta perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang).
  3. Membuat KTI dengan tema: "Inovas Teknologi Ramah Lingkungan" dengan subtema:
    • Inovasi untuk menciptakan Indonesia sebagai negara yang ramah lingkungan dan hemat energi.
    • Bioteknologi dan pengembangan teknologi sebagai upaya dalam pemecahan masalah.
    • Perkembangan teknologi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah.
    • Inovasi untuk menciptakan produk unggulan yang inovatif.
  4. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 70.000,-.
  5. Pengumpulan KTI via online dan syarat pendaftaran ke dimasayu08@yahoo.com terakhir tanggal 16 Maret 2014.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan:
6 April 2014 di Kampus SMAN 2 Jombang
Hadiah dan Penghargaan:
Science Comp:
Juara 1: Rp. 1.200.000,-
Juara 2: Rp. 1.000.000,-
Juara 3: Rp. 700.000,-
KTI:
Juara 1: Rp. 1.200.000,-
Juara 2: Rp. 1.000.000,-
Juara 3: Rp. 700.000,-
Informasi:
Agnaitha - 085231611831 (Science Comp)
Dimas Ayu - 08569595377 (KTI)
Facebook: Innove8 2014
Twitter: @innove8_2014
 
Sumber : http://www.info-lomba.com/2014/02/innove8-2014_4.html

Deadline: 30 Maret 2014

Deskripsi Kegiatan:
Kompetisi Kreatif Internasional Dialog Muda kembali dibuka! Kompetisi ini terbuka untuk anak muda dari seluruh Indonesia berusia 15-24 tahun, karya yang dikirimkan harus bertema HIV dan AIDS, Seksualitas, dan Kekerasan. Karya yang kamu sertakan bisa berupa KARYA KREATIF dalam bentuk apa saja, mulai dari kalimat, paragraf, cerita pendek, puisi, prosa, komik, video, lagu dan lain-lain. 20 karya terbaik dari seluruh Indonesia akan diikutsertakan pada kompetisi Global Dialogues International yang diikuti oleh anak-anak muda dari Indonesia, Guatemala, dan Kenya. Salah satu dari 20 karya terbaik di tingkat nasional juga akan dibuatkan menjadi film pendek oleh sutradara Indonesia ternama.

Penyelenggara: Pamflet

Tema Kegiatan: "HIV-AIDS, Seksualitas, dan Kekerasan"

Ketentuan Peserta:
Kompetisi Kreatif Internasional Dialog Muda terbuka untuk seluruh anak muda Indonesia yang masih berusia dibawah umur 25 tahun hingga tanggal 31 Maret 2014. Peserta dapat mendaftarkan diri secara individu atau dalam sebuah tim (3-5 orang).

Pilihan Topik:
Topik 1: Seks, obat-obatan terlarang, atau alkohol
Topik 2: Kekerasan terhadap anak-anak dan perempuan
Topik 3: Menjauhi resiko-resiko seksual
Topik 4: Kehidupan dengan HIV dan AIDS
Topik 5: Orang yang tertarik kepada sesama jenis 
Topik 6: KAMU BEBAS MENULIS TOPIK YANG KAMU INGINKAN, SELAMA ITU MASIH
BERHUBUNGAN DENGAN HIV dan AIDS, SEKSUALITAS, atau KEKERASAN. JIKA KAMU
MEMPUNYAI IDE BAGUS YANG TIDAK ADA PADA DAFTAR, TULISKAN ITU DI TOPIK 6!
Topik 99: Identitasmu adalah Hakmu (ini adalah topik spesial Indonesia, lho!) 
Peserta dapat memilih beberapa topik diatas sebagai titik mula karya yang ingin dibuat. Jangan lupa mencantumkan nomor topik pilihan kalian di bagian yang tersedia pada kuesioner peserta. Perlu ditekankan, bahwa kalian tidak wajib memilih topik-topik diatas dan jika kalian ingin membuat karya cerita diluar topik yang tersedia, silahkan cantumkan nomor Topik 6.

Bentuk Karya dan Bahasa:
  1. Bebas: Karya kreatif dapat berupa: kalimat, paragraf, cerita pendek, puisi, prosa, komik, video, lagu dan lain-lain. Semua karya harus menggunakan salah satu bahasa berikut: bahasa Indonesia, Inggris, Kiswahili, Perancis, Spanyol, atau Portugis.
  2. Durasi: Jika bentuk karya kreatif yang diserahkan berupa cerita pendek, maka tidak lebih dari 10 halaman. Untuk yang menyerahkan dalam bentuk lagu atau video maka tidak lebih dari durasi waktu 10 menit.

Pengiriman Karya:
  1. Karya kreatif (bentuknya bisa kalimat, paragraf, cerita pendek, puisi, prosa, komik, video, lagu dan lain-lain).
  2. Kuesioner yang telah diisi lengkap. Download di: http://bit.ly/dialogmuda2014.
  3. Kantor PAMFLET Jl. Kemang Raya no.83H lt.3, Kemang, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12720 atau via email ke: dialogmuda@gmail.com

Hadiah dan Penghargaan:
Tiap karya cerita yang masuk akan dinilai oleh panel juri Indonesia. Akan terdapat 20 pemenang nasional di kompetisi Global Dialogues yang diselenggarakan di Indonesia. Masing-masing 20 pemenang tersebut akan mendapatkan sertifikat dan 3 karya cerita terbaik dari 20 pemenang nasional akan mendapatkan hadiah uang sebesar: 
Juara 1: Rp 2.500.000  
Juara 2: Rp 1.500.000 
Juara 3: Rp 1.000.000
20 pemenang terbaik dari Indonesia juga akan dipertimbangkan untuk mendapat hadiah tambahan oleh panel juri internasional. Akan terdapat 20 pemenang internasional dalam kompetisi Global Dialogues yang disaring dari pemenang-pemenang nasional. Masing-masing dari ke 20 pemenang internasional tersebut akan mendapat hadiah uang sebesar US$125, sekaligus kemungkinan untuk dibuatnya film berdasarkan karya cerita yang telah diikutsertakan di kompetisi ini, dan disiarkan di televisi sekaligus di internet. 3 karya cerita terbaik dari 20 pemenang internasional akan mendapatkan hadiah uang sebesar:  
Juara 1: US$ 2,500    
Juara 2: US$ 1,250    
Juara 3: US$ 625

Informasi:
Ninies - 087877728281
Twitter:  @dialogmuda atau @_pamflet
Website: www.globaldialogues.org
 
Sumber : http://www.info-lomba.com/2014/02/kompetisi-kreatif-internasional-dialog.html

Deadline: 22 Februari 2014



SMENTION 2014 bertema “Radiate your youth energy, be a great generation with nuclear technology” yang diselenggarakan OSIS SMAIT Insantama dan disponsori oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

Nama event
Smart Teen Competition 2014 (SMENTION2014)

Penyelenggara: OSIS SMAIT Insantama

Ketentuan peserta
  • Harus datang ke tempat. 
  • Untuk SMA/Ma dan SMP/Mts se-JABODETABEK

Alamat
Jl. Hegarmanah IV Gunung batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pendaftaran
21 Jan 2014 - 22 Feb 2014

Tanggal pelaksanaan event
1 - 2 Maret 2014

Jenis lomba:
- Poster Competition
- Karya Tulis ilmiah (LKTI)
- Insantama Debate Competition (IDC)
- Out bound for teen tematik (O14)
- Lomba Nasyid

Ketentuan per lomba tercantum pada blog
Ketentuan dan hadiah per lomba ada pada blog
Biaya per lomba berbeda-beda dan tertulis di ketentuan lomba

Informasi:
Faris (085780018629)
Ino (085717175520)
Icha (085694051183)
Twitter: @smention_2014
 
Sumber : http://www.info-lomba.com/2014/02/event-smention-2014.html

Rabu, 29 Januari 2014

KITA PUNYA HAK UNTUK TAHU DAN MEMBELA DIRI!!



Guys.. Pernah di tilang polisi ?

pasti pernah dong , atau ga minimal ya lihat orang di tilang lahh.. :P

Tau ga alasannya kenapa di tilang ? pernah di tawari "mau bayar atau sidang?" ? tau ga kemana uang yang kalian bayar (baik langsung maupun sidang) itu mengalir ? J

.

.

Okeh saya jelaskan sedikit. #sok banget dah :P

 ketika seseorang di tilang oleh petugas kepolisian, ntah itu belum punya sim atau melanggar rambu lalu lintas, kita diwajibkan untuk membayar denda sesuai dengan UU yang berlaku. Pembayaran denda ini bisa secara langsung maupun ketika sidang yang ditentukan (tergantung keinginan si pelanggar). Tpi tahukan kita kemana arah uang itu ? o.O

Sesuai judul postingan saya kali ini, kita sebagai warga negara PUNYA HAK UNTUK TAHU (Tpi bukan yang aneh2 lho ya :D) . Sbb :

1. Kita punya hak untuk tahu alasan ditilang.

Sering kali ketika kita tiba-tiba diberhentikan oleh polisi, polisi langsung meminta untuk menunjukkan STNK dan SIM, yang mana nanti akan di proses untuk mengurus pelanggaran dan denda yang harus dibayar. Namun, saya sarankan sebelum kita menerima surat tilang atau membayar denda, sebaiknya kita perlu tahu alasan kenapa harus di tilang ? ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pelajaran bagi diri kita. Jangan lupa juga untuk bertanya "Lalu, yang benar itu seperti apa, pak ?" biar kita lebih tahu tatacara berkendara yang baik dan benar. :) #gituuuu :D

2. Kita punya hak untuk tahu kemana aliran uang kita.

Apabila terbukti bersalah, maka kita harus membayar denda sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Tapi tahukah kita kemana uang yang kita bayarkan itu mengalir ? (ke hatinya mungking -_-) Uang yang diterima polisi dari pelanggar, yang benar adalah mengalir dan menjadi masukan buat negara .

Ketika kita di tilang dan lebih memilih membayar denda secara langsung (saat itu juga), sempatkanlah untuk memperhatikan polisi (yang bertugas) yang mengurus denda tersebut. Uang yang diberikan oleh si pelanggar seharusnya dijadikan satu (staples) dalam suatu buku/kertas yang memang khusus digunakan untuk pembayaran denda tersebut.  Apabila kita melihat petugas yang dirasa mencurigakan #Wiih ? , jangan takut untuk bertanya “Pak, uang yang diterima dari pelanggar ini nanti mengalirnya kemana?”.

3. Kita punya hak untuk membela diri

Apabila kita merasa benar, kita berhak untuk membela diri, namun jangan lupa disertai bukti yang nyata yaa ? :D soalnya banyak nih orang-orang yang belum kenal dengan lalu lintas dan belum paham dengan undang-undang, kalo di berhentikan polisi masih nganut aja  J

Usahakan setiap pagi atau sebelum berangkat berkendara, kita memotret lampu utama kendaraan kita. Buat jaga-jaga aja sih kalo lampu tiba-tiba mati :P. Soalnya banyak nih polisi yang memberhentikan karena lampu utama tidak nyala (apalagi di daerah Surabaya :D), ntah itu karena mati di jalan atau kita lupa menyalakannya :D . Apabila kita tidak bisa memberikan argumen yang benar, kita akan tetap ditilang. :P

Semoga artikel ini membuat kita lebih berpikir kritis dalam menanggapi suatu peraturan . Aamiin :)

Selasa, 21 Januari 2014

Alat Yang Dibutuhkan untuk Membuat Jaringan LAN 
1.    Tang Crimping
2.    Connector RJ-45
3.    Kabel UTP
4.    Lan Card / Modem
5.    Tester
6.    Switch/Hub
7.    Sambungan ke Internet
1.Pengertian Crimping Tool :
Crimp tool / Crimping tool adalah alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 / RJ-11 tergantung kebutuhan. Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti bisa memotong kabel, mengupas dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya diperuntukan untuk crimp RJ-45 atau RJ-11 saja. Contoh gambarnya seperti ini.

Fungsi Crimping Tool :
•    Memotong kabel
•    Melepas pembungkus kabel
•    Memasang konektor
Gambar Crimping Tool :


4.Rj-45

RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.

3. Kabel UTP

Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair). Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in USA ataupun Belkin.

4. LAN Card / Modem


LAN Card (Kartu Jaringan) adalah adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone.

5. Tester

Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.



6. Switch / Hub

Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar. Hub perangkat penghubung Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain




Alat Yang Dibutuhkan untuk Membuat Jaringan Wifi

Berikut adalah Alat-alat Yang Dibutuhkan untuk Membuat Jaringan Wifi, seperti Access Point, Antena Omni, Box Access Point, Kabel Pigtail/Kabel Jumper, POE (Power Over Ethernet), Kabel UTP/STP, Penangkal Petir (Lightning Arrester), Tower.

1. Access Point
Fungsi Access Point ibaratnya sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda, di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal(ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

2. Antena Omni
Untuk memperluas coverage area hingga beberapa Kilometer, anda memerlukan antena omni eksternal, meski ketika anda membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belumlah cukup karena hanya berkekuatan sekitar 3-5dB, untuk memperluas area jangkauannya, anda memerlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB. Antena Omni ini memiliki pancaran atau radiasi 360 derajat, jadi cocok bisa menjangkau client dari arah mana saja.

3. Box Access Point
Untuk melindungi access point anda, maka diperlukan pelindung berbentuk kotak, bisa terbuat dari plastik atau plat besi, rata-rata kotak ini sudah dilengkapi dengan kunci pengaman, dan box ini memang harus diletakkan persis di bawah antena.

4. Kabel Pigtail/Kabel Jumper
Kabel Pigtail atau kabel jumperl diperlukan untuk menghubungkan antara antena omni dengan dengan access point, perhatikan panjang maksimal yang diperlukan hanya 1 meter, selebih dari itu anda akan mengalami degradasi sinyal(loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point anda.

5. POE (Power Over Ethernet)
Agar kabel listrik tidak dinaikkan ke atas untuk “menghidupkan” access point maka anda memerlukan alat “POE” ini yang fungsinya mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP, dengan alat ini maka anda tidak perlu repot-repot lagi mengulur kabel listrik ke atas tower, lebih praktis dan hemat.

6. Kabel UTP/STP
Meski namanya perangkat wireless, namun peranan kabel juga diperlukan, kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

7. Penangkal Petir (Lightning Arrester)
Sebagai pengaman dari petir maka anda memerlukan alat ini yang berfungsi menyalurkan kelebihan beban listrik saat petir menyambar ke kabel pembumian(grounding), komponen ini dipasang pada kabel jumper antara perangkat access point dengan antena eksternal. Grounding untuk penangkal petir umumnya ditanam dengan batang tembaga hingga kedalaman beberapa meter sampai mencapai sumber air. Ingat grounding yang kurang baik akan menyebabkan perangkat wireless tetap rentan terhadap serangan petir.

8. Tower
Guna mendapatkan jangkauan area coverage yang maksimal, anda perlu menaikkan antena omni eksternal ke tempat yang tinggi agar client WLAN anda bisa menangkap sinyal radio anda dengan baik.

PERANGKAT CLIENT WLAN :
1.    Pada sisi client, untuk menangkap sinyal dari “antena omni” anda maka perangkat client sbb : Untuk Client yang jaraknya dari tempat pemancar kurang dari 1 KM, lebih ekonomis jika menggunakan wajan bolic, dimana pada perangkat tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan USB Wifi, yang disambungkan dengan kabel UTP plus kabel extended USB, jadi langsung anda bisa menancapkannya ke komputer.
2.    Apabila jarak client lebih dari 1 KM, anda membutuhkan 2 perangkat, pertama, access point dan kedua antena eksternal pengarah atau type grid untuk menangkap sinyal dari pemancar anda. Berikut rekomendasinya :
•    Jarak 0-1 KM, pakailah wajan bolic lebih ekonomis
•    Jarak 1-2 KM, Akses poin merk Edimax/Minitar/Linksys, antenanya anda bisa pakai Yagi atau Backfire
•    Jarak 2-3 KM, Akses poin merk Edimax/Minitar/Linksys, antena Grid 24db
•    Jarak 3-10 KM. Akses poin merk Senao SL2611/Mikrotik, antena Grid 24db
•    Jarak 10 KM lebih, Akses poin merk Senao ECCB3220/Mikrotik, antena Grid 24db

Fungsi Bridge
Fungsi lain Bridge yaitu dapat memisahkan suatu paket data yg harus dikirimkan pada jaringannya sendiri atau pada jaringan yg lain, apabila kedua jaringan terhubung. Bridge dpt berpungsi sebagai router pada jaringan lebih luas. Hal trsbt dinamakan dengan istilah brouter (bridge-router). Bridge juga dpt meng-copy frame data dari suatu jaringan yg lain. asalkan jaringan trsbt msh terhubung.


Macam - Macam Jaringan Nirkabel

Sama halnya seperti jaringan yang berbasis kabel, maka jaringan nirkabel dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa tipe yang berbeda berdasarkan pada jarak dimana data dapat ditransmisikan.

• Wireless Wide Area Networks (WWANs)
Teknologi WWAN memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat dibuat mencakup suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara, melalui penggunaan beberapa antena atau juga sistem satelit yang diselenggarakan  oleh penyelenggara jasa telekomunikasinya. Teknologi WWAN saat ini dikenal dengan sistem 2G (second generation). Inti dari sistem 2G ini termasuk di dalamnya Global System for Mobile Communications (GSM), Cellular Digital Packet Data
(CDPD) dan juga Code Division Multiple Access (CDMA). Berbagai usaha sedang dilakukan untuk transisi dari 2G ke teknologi 3G (third generation) yang akan segera menjadi standar global dan memiliki fitur roaming yang global juga. ITU juga secara aktif dalam mempromosikan pembuatan standar global bagi teknologi 3G.

• Wireless Metropolitan Area Networks (WMANs)
Teknologi WMAN memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi nirkabel antara beberapa lokasi di dalam suatu area metropolitan (contohnya, antara gedung yang berbeda-beda dalam suatu kota atau pada kampus universitas), dan ini bisa dicapai tanpa biaya fiber optic atau kabel tembaga yang terkadang sangat mahal. Sebagai tambahan, WMAN dapat bertindak sebagai backup bagi jaringan yang berbasis kabel dan dia akan aktif ketika jaringan yang berbasis kabel tadi mengalami gangguan. WMAN menggunakan gelombang radio atau cahaya infrared untuk mentransmisikan data. Jaringan akses nirkabel broadband, yang memberikan pengguna dengan akses berkecepatan tinggi, merupakan hal yang banyak diminati saat ini. Meskipun ada beberapa teknologi yang berbeda, seperti multichannel multipoint distribution service (MMDS) dan local multipoint distribution services (LMDS) digunakan saat ini, tetapi kelompok kerja IEEE 802.16 untuk standar akses nirkabel broadband masih terus membuat spesifikasi bagi teknologi-teknologi tersebut.

• Wireless Local Area Networks (WLANs)
Teknologi WLAN membolehkan pengguna untuk membangun jaringan nirkabel dalam suatu area yang sifatnya lokal (contohnya, dalam lingkungan gedung kantor, gedung kampus atau pada area publik, seperti bandara atau kafe). WLAN dapat digunakan pada kantor sementara atau yang mana  instalasi kabel permanen tidak diperbolehkan. Atau WLAN terkadang dibangun sebagai suplemen bagi LAN yang sudah ada, sehingga pengguna dapat bekerja pada berbagai lokasi yang berbeda dalam lingkungan gedung. WLAN dapat dioperasikan dengan dua cara. Dalam infrastruktur WLAN,  stasiun wireless (peranti dengan network card radio atau eksternal modem) terhubung ke access point nirkabel yang berfungsi sebagai bridge antara stasiun-stasiun dan networkbackbone yang ada saat itu. Dalam lingkungan WLAN yang sifatnya peer-to-peer (ad hoc), beberapa pengguna dalam area yang terbatas, seperti ruang rapat, dapat membentuk suatu jaringan sementara tanpa menggunakan access point, jika mereka tidak memerlukan akses ke sumber daya jaringan. Pada tahun 1997, IEEE meng-approve standar 802.11 untuk WLAN, yang mana menspesifikasikan suatu data transfer rate 1 sampai 2 megabits per second (Mbps). Di bawah 802.11b, yang mana menjadi standar baru yang dominan saat ini, data ditransfer pada kecepatan maksimum 11 Mbps melalui frekuensi 2.4 gigahertz (GHz). Standar yang lebih baru lainnya adalah 802.11a, yang mana menspesifikasikan data transfer pada kecepatan maksimum 54 Mbps melalui frekuensi 5 GHz.

• Wireless Personal Area Networks (WPANs)
Teknologi WPAN membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS). Sebuah POS adalah suatu ruang yang ada disekitar orang, dan bisa mencapai jarak sekitar 10 meter. Saat ini, dua teknologi kunci dari WPAN ini adalah Bluetooth dan cahaya infra merah. Bluetooth merupakan teknologi pengganti kabel yang menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data sampai dengan jarak sekitar 30 feet. Data Bluetooth dapat ditransmisikan melewati tembok, saku ataupun tas. Teknologi Bluetooth ini digerakkan oleh suatu badan yang bernama Bluetooth Special Interest Group (SIG), yang mana mempublikasikan spesifikasi Bluetooth versi 1.0 pada tahun 1999. Cara alternatif lainnya, untuk menghubungkan peranti dalam jarak sangat dekat (1 meter atau kurang), maka user bisa menggunakan cahaya infra merah. Untuk menstandarisasi pembangunan dari teknologi WPAN, IEEE telah membangun kelompok kerja 802.15 bagi WPAN. Kelompok kerja ini membuat standar  WPAN, yang berbasis pada spesifikasi Bluetooth versi 1.0. Tujuan utama dari standarisasi ini adalah untuk mengurangi kompleksitas, konsumsi daya yang rendah, interoperabilitas dan bisa hidup berdampingan dengan jaringan 802.11.

Sumber : http://aprianwahyusetiawan.blogspot.com/2013/04/alat-yang-dibutuhkan-dalam-membuat.html